Apa sih Perancangan Program itu?
- Perancangan program merupakan pengembangan solusi terhadap identifikasi masalah dan menghasilkan serangkaian instruksi yang membangun sebuah program komputer untuk menghasilkan output.
- Sebuah program harus dirancang secara sistematis dan benar sebelumnya memulai coding. Perancangan program dihasilkan dalam pembangunan algoritma.
Peranan Algoritma dalam Program
- Program komputer adalah perwujudan atau implementasi dari algoritma yang di tulis dalam bahasa pemrograman.
- Interpretasi oleh CPU untuk Menjalankan operasi pada mesin komputer sesuai dengan intruksi bahasa pemrograman.
Lalu apa itu Algoritma?
- Algoritma berisi langkah-langkah yang dibutuhkan untuk menyelesaikan sebuah tugas.
Syarat Sebuah Algoritma :
- Memiliki masukkan (input)
- Menghasilkan keluaran (output)
- Terdefinisi jelas (definiteness)
- Memiliki kondisi akhir (finiteness)
- Memberi solusi yang diharapkan (effectiveness)
- Berlaku untuk setiap himpunan input sesuai dengan masalah yang diberikan (generality)
Contoh Algoritma yang Baik
Program Hitung_Kembali
{menghitung uang kembali apabila input data
tersebut diberikan}
Deklarasi
long sisa, uang_bayar, total_bayar
Deskripsi
Baca total_bayar
Hitung sisa = uang_bayar - total_bayar
Cetak sisa
END
Contoh Algoritma yang Tidak Baik
Program Cetak_Berulang
{Mencetak kata sebanyak i }
Deklarasi
integer i
Deskripsi
i = 0
While (i <= 5)
cetak ”Bina Sarana Informatika”
END
Cara untuk Menyajikan Algoritma :
- Pseudocode
- Flowchart
Apa itu Pseudocode?
- Pseudocode merupakan salah satu cara untuk menuliskan algoritma.
Karakteristik Pseudocode :
- Statement / Perintah di tulis dalam bahasa Inggris / Indonesia sederhana.
- Setiap perintah di tulis dalam baris terpisah
- Keyword digunakan untuk menjelaskan control structure tertentu.
- Setiap set/bagian instruksi memiliki awal dan akhir
- Pengelompokkan statement bisa membentuk satu modul yang mempunyai nama.
Struktur Pseudocode :
- Algoritma terdiri dari tiga bagian yaitu :
- Judul (Header) : mendefinisikan nama dengan menentukan apakah teks tersebut adalah program, prosedur, fungsi.
- Deklarasi : mendefinisikan nama variabel, nama konstanta, nama prosedur, nama fungsi yang akan digunakan dalam algoritma.
- Deskripsi : mendefinisikan langkah-langkah penyelesaian masalah mulai dari input, proses dan ouput.
- Pada setiap bagian tersebut apabila akan dituliskan komentar mengenai setiap bagian tersebut dituliskan diantara tanda kurung kurawal. Contoh : { Komentar }
Contoh Pseudocode :
Program Luas_Lingkaran
{menghitung luas sebuah lingkaran apabila jari-jari
lingkaran tersebut diberikan}
Deklarasi
inisialisasi konstanta phi = 3.14
inisialisasi r, luas_lingkaran
Deskripsi
Baca data r
luas_lingkaran = phi * r * r
cetak luas_lingkaran
Apa itu Flowchart?
- Flowchart adalah suatu alat yang menunjukkan langkah-langkah yang harus dilaksanakan dalam menyelesaikan suatu permasalahan untuk komputasi dengan cara mengekspresikan ke dalam serangkaian simbol-simbol grafis.
Contoh Flowchart
Simbol Flowchart
Data Program
- Program ditulis untuk memproses data, dibutuhkan pemahaman yang baik terhadap sifat dan struktur dari data yang sedang diproses.
- Data dalam program mungkin dapat berupa variabel tunggal (seperti : integer, karakter), atau kelompok (seperti : array, file)
Variabel dan Konstanta
- Variabel adalah nama yang diberikan kepada kumpulan sel memori untuk menyimpan item data tertentu yang nilainya dapat berubah pada program dieksekusi. Contoh : namamhs, tgl_lahir, alamat1, dll.
- Konstanta adalah item data dengan nama dan nilai yang tetap sama selama program di eksekusi. Contoh : define phi 3.14 atau phi = 3.14.
Elemen Elemen Program
- Aturan leksikal
- Tipe Data
- Expression
- Statement
- Function & Procedure
1. Aturan leksikal terbagi menjadi :
- Token
Token (Kata) yaitu elemen terkecil pada bahasa pemrograman yang memiliki arti penting bagi compiler.
Yang termasuk token antara lain: identifier, keywords(reserved words), operator, dan sebagainya.
Token yang satu dengan yang lain dipisahkan dengan satu atau lebih spasi, tabulasi, baris baru, atau komentar.
- Komentar
Digunakan untuk memberikan suatu keterangan yang akan menjelaskan isi dari program secara singkat.
Komentar hanya sebuah tulisan pada program dan tidak akan diproses oleh komputer. Bertindak sebagai dokumentasi.
Notasi komentar pada setiap bahasa pemrograman berbeda-beda. Contoh : − {komentar pada pascal} − //komentar pada c++ − ‘komentar pada visual basic.
- Identifier
Identifier adalah token yang merepresentasikan nama sesuatu seperti : variabel/konstanta, field/atribut, prosedur/fungsi, dan lain-lain.
Aturan pemberian nama identifier:
a.Karakter pertama harus berupa huruf.
b.Karakter kedua dan selanjutnya dapat berupa huruf/angka/underscore.
c. Tidak boleh menggunakan karakter simbol (@ # $ % & *, dll) kecuali underscore.
d.Tidak boleh menggunakan kata kunci (keywords/ reserved words).
e. Huruf besar/kecil dianggap berbeda (khusus C++)
f. Tidak boleh ada spasi.
g.Nama identifier sebaiknya disesuaikan dengan kebutuhan atau sesuai objek yang akan diberi nama.
Contoh penamaan identifier yang benar : idcust, tgl_lahir, telp1, dll.
Contoh penamaan identifier yang tidak benar : @kdbrg, double, nama-depan, 3erat_badan, dll.
Keywords atau reserved words merupakan kata-kata yang telah ada/didefinisikan oleh bahasa pemrograman yang bersangkutan.
- Keywords/Reserved Words
Kata-kata tersebut telah memiliki definisi yang sudah tetap dan tidak dapat diubah.
Karena telah memiliki definisi tertentu, maka katakata ini tidak dapat digunakan sebagai identifier. Contoh Keyword : break, switch, continue, repeat, until, function dll
Merupakan simbol-simbol khusus yang digunakan untuk mengoperasikan suatu nilai data (operand).
- Operator
Operator yang digunakan dalam pemrograman:
− Arithmetic operator
− Assignment operator
− Logical operator
− Relational operator
− Pointer operator
− Bitwise operator
2. Tipe data
Tipe data digunakan untuk menentukan jenis nilai yang dapat ditampung oleh suatu variabel. Pada suatu bahasa pemrograman umumnya telah menyediakan tipe-tipe data yang sederhana (simple) maupun yang terstruktur dan apabila kita membutuhkan tipe data yang belum tersedia, kita dapat mendefinisikan sendiri tipe data baru, yang disebut enumerated type.
Tipe data terstruktur yaitu tipe data yang dapat menampung lebih dari satu nilai, sbb:
1. Array adalah tipe data berindeks yang terdiri dari satu atau lebih elemen/komponen yang memiliki tipe data yang sama.
2. Record adalah tipe data yang digunakan untuk merepresentasikan kumpulan (set) elemen/komponen yang memiliki satu jenis atau lebih tipe data. Tiap element disebut juga field atau property atau attribute.
3. Expression
Expression (ekspresi) yaitu suatu pernyataan yang menghasilkan suatu nilai. Expression tersusun dari operator dan operand yang digunakan untuk menghitung atau memberi suatu nilai suatu variable atau identifier. Expression yang paling sederhana yaitu nama variable. Expression yang lebih kompleks akan melibatkan operator-operator, maupun pemanggilan function atau procedure.
4. Statement
Statement merupakan bagian program yang berisi perintah yang akan dieksekusi / dijalankan. Karena itu, statement-statement ini menentukan bagaimana jalannya program dan bagaimana suatu nilai variable dimanipulasi/berubah.
Statement dapat dikelompokan menjadi antara lain:
1. Simple Statement
2. Compound Statement
- Simple Statement
Yang digolongkan ke dalam simple statement (statement sederhana) yaitu statement yang tidak berisi statement lainnya, sebagai berikut :
Assignment Statement yaitu statement yang digunakan untuk memberikan nilai ke suatu variable, contohnya :
a := 10;
b := a * 2;
c := c * b;
Statement untuk pemanggilan function atau procedure yaitu statement yang memanggil function atau procedure yang telah didefinisikan pada program. Contoh :
Calculate (a,b);
Cetak (a,b);
Jump Statemen t yaitu statement yang digunakan untuk melompati statement-statement lain.
Contoh : Melompat ke statement tertentu goto
Keluar dari iterative statement break
Compound statement (kumpulan statement) adalah sekumpulan statement yang terdiri dari statement-statement lain, termasuk juga selection statement dan interaction. Selection statement digunakan untuk melakukan pemilihan sekumpulan statement (compound statement). Contoh : a. If ……Then b. Perintah Case Iteration statement digunakan untuk melakukan perulangan sekumpulan statement (compound statement).
- Compound Statement
Contoh : a. Do While
b. Repeat …….Until
c. For……EndFor
5. Function Dan Procedure
Procedure dan Function disebut juga subroutine, merupakan blok statement yang dapat dipanggil dari lokasi yang berbeda di dalam program.
• Yang membedakan antara function dan procedure yaitu: suatu function jika dijalankan/dipanggil akan mengembalikan suatu nilai.
• Ketika procedure atau function dipanggil, kita dapat melewatkan suatu nilai ke dalam function atau procedure tersebut.
• Nilai yang dilewatkan disebut juga argument atau parameter.
Latihan :
Buatlah pseudocode & flowchart untuk menghasilkan 1 liter air dengan menggunakan tabung dengan ukuran 3 liter dan 5 liter.
Pseudocode nya
- isi tabung yang berukuran 3 liter hingga penuh
- lalu tuangkan tabung tadi ke dalam lima liter
- isi lagi tabung tiga liter
- tuang lagi ke tabung lima liter hingga tabung tiga liter hanya tersisa satu liter air
- tabung lima liter tadi dibuang sampai habis sehingga hanya menyisakan tabung tiga liter yang berisikan satu liter air.
flowchartnya
Tidak ada komentar:
Posting Komentar